Jumat, 23 November 2012

doa khutbah 2

الحمد للّه الحمد للّه حمدا كما أمر، أشهد أن لا اله إلاالله وحده لاشريك له إرغاما لمن جحد به وكفر وأشهد أنّ سيّدنا محمّدا عبده ورسوله سيّد الإنس والبشر، اللّهم صلّ وسلم على سيدنا محمّد وعلى اله وأصحابه ما اتصلت عين بنظر وأذن بخبر، أما بعد،
فيا أيّها الناس اتقوا الله ،اتقوا الله تعالى وذروا االفواحش ما ظهر وما بطن وحافظوا على الطاعة وحضور الجمعة والجماعة واعلموا ان الله أمركم بأمر بدأ فيه بنفسه وثنّى بملائكة قدسه وقال تعالى ولم يزل قائلا عليما إن الله وملائكته يصلون على النبى يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما، اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد كما صليت على سيدنا إبراهيم وعلى ال سيدنا إبراهيم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد كما باركت على سيدنا إبراهيم وعلى ال سيدنا إبراهيم فى العالمين إنك حميد مجيد،
اللهم وارض عن الخلفاء الراشدين الذين قضوا بالحق وكانوا به يعدلون ، أبى بكر وعمر وعثمان وعلى وعن الستة المتمّمين للعشرة الكرام وعن سائر أصحاب نبيك أجمعين وعن التّابعين وتابع التابعين ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدين،
اللهم لا تجعل لأحد منهم فى عنقنا ظلامة، ونجنا بحبهم من أهوال يوم القيامة، اللهم اعز الاسلام والمسلمين وأهلك الكفرة والمشركين وأعل كلمتك الى يوم الدين، اللهم آمنا فى دورنا وأصلح ولاة أمورنا واجعل اللهم ولايتنا فيمن خافك واتقاك، اللهم اغفرللمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات برحمتك يا واهب العطيات،
اللهم ادفع عنا الغلاء والوباء والربا والزنا والزلازل والمحن وسوء الفتن ما ظهر وما بطن عن بلدنا هذا خاصة وعن سائر بلاد المسلمين عامة يا رب العالمين ،ربنا آتنا فى الدنيا حسنة وفى الآخرة حسنة وقنا عذاب النار،
عبادالله إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تذكرون فاذكروا الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسئلوه من فضله يعطكم ولذكر الله أعز وأجل وأكبر،

الحمد لله الذى فرض على عباده الصلوات الخمس بأجور عظيمة، وأمرهم بالجماعة لحكم وأسرار جليلة، وجعل هذه الصموات مكفرات لما بينهن من صغائر الذنب والخطيئة، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ذو العظمة والعزة ، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله إمام المتقين والبررة،
اللهم صل وسلم وبارك وعظم وترحم وتحنن، على عبدك ورسولك سيدنا ومولانا محمد، وعلى أله وأصحابه ومن تبع هداه،
أما بعد:فيا عباد الله، أوصيكم ونفسى بتقوى الله، وتزودوا فإن خير الزاد التقوى فقال الله تعالى :يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقا ته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون
Jam’ah jum’at yang dimuliakan allah.....
Pada kesempatan khutbah jum’at kali ini,perkenankanlah saya mengajak dan menghimbau kepada saya sendiri dan kepada para jamaah sekalian,marilah kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada allah SWT. Yakni dengan melaksanakan setiap yang diperintahkan,serta menjauhi setiap yang dilarang.kita laksanakan takwa sebagai menifestasi penghambaan diri kita kepadaAllah SWT.yang merajai seluruh alam,yang menguasai seluruh alam.allah menjanjikan kenikmatan tiada tara bagi merekayang mau bertakwa,dan mengancam mereka yang durhaka ,dengan siksa pedih yang tiada akhir.
Disamping itu , kita juga harus mengikuti perilaku Rasulullah SAW , manusia sempurna yang menjadi penyampai kebenaran kepada hamba Allah SWT. Insan kami yang membawa petunjuk jalan lurus untuk menggapai rahmat dan ridho allah SWT.rasul akhir zaman yang mengusung ajaran dengan prinsip akhalakul karimah dan rahmatan lil ‘alamin.
 Jamaah jum’at yang dirahmati allah.........
Salah satu ajaran syariat Rasulullah SAW, yang sangat ditekankan adalah shalat berjamaah .yakni pelaksanaan sholat lima waktu secara bersamaan, tidak secara individual dan terpisah belah. Hukum jamaah dalam sholat lima waktu adalah sunah muakad, yakni merupakan prilaku Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan untuk diikuti oleh umatnya. Bahkan, sebagian versi ulama menyatakan hukum melaksanakan sholat berjamaah adalah fardhu kifayah, artinya disetiap kampung atau desa wajib diadakan sholat berjamaah sebagai syiar islam , sebagai identitas islam yang menggema dan mengaung dicakrawala. Jika tidak, maka seluruh penduduk kampung tersebut memperoleh dosa dan murka dari Allah SWT.
Jamaah jum’at ynag dimuliakan Allah...........
Sholat berjamaah memiliki manfaat yang sangat besar, baik dalam kaitannya dalam ibadah sholat  yang dilakukan,maupun dalam hal hubungan sosial kemasyarakatan . salah satu kaistimewaan sholat berjamaah yang sangat besar adalah sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW, bahwa pahala  sholat berjamaah lebih utama dibanding sholat sendiri dengan selisih 27 derajat. Rosulullah  SAW Bersabda:
صلاة الجماعة تفضل صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة،
Artinya:”sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendiri dengan selisih 27 derajat.”(HR.bukhari & muslim)
Sholat yang dilakukan dengan cara berjamaah juga lebih  mudah untuk dapat diterima disisi Allah, sebagaimana dijelaskan dalam kitab I’anatuthalibin, dengan berjamaah kekurangan salah seorang peserta jamaah dapat disempurnakan dengan yang lain, sehingga seluruhnya dinilai menjadi sholat yng sempurna. Ibarat menjual buah jeruk, jika dijual satu persatu, tentu pembeli hanya akan memiliah jeruk yang benar-benar bagus dan segar. Namun, jika buah jeruk itu dijual dengan cara borongan, maka jeruk yang kurang baguspun akan turut terbeli, demikian pula halnya dengan ibadah sholat kita.
Mengenai hal ini, Rasulullah SAW dalam sabda beliau mengibaratkan , bahwa harimau hanya akan memakan kambing yang jauh dari kawannya, setan akan mudah memasuki orang yang terpisah dari jamaahnya, yang tidak melaksanakan sholat dengan berjamaah . rosulullah SAW Bersabda:
ما من ثلاثة فى قرية أو بدولا تقام فهيم الجماعة إلا استحوذ عليهم الشيطان فعليك بالجماعة فإنما يأكل الذئب القاصية
Artinya:”tidaklah disuatu desa atau sahara, tidak didirikan sholat berjamaah diantara mereka kecuali ,mereka akan dikuasai dan dikalahkan oleh setan. Maka dirikanlah sholat jamaah, karena sesunngguhnya harimau akan memakan kambing yang jauh dari kawanya.”(H.R Abu Dawud).
Jamaah jumat yang dirahmati allah ………
Selain itu, sholat berejamaah juga memiliki hikmah yang tidak sedikit bagi kehidupan social kemasyarakatan.sholat berjamaah mengajarkan banyak hal penting bagi kehidupan sosial, dengan sesama dalam kehidupan ini.
Dapat kita lihat, dalam sholat berjamaah seluruh jamaah berdiri dalam barisan yang rapi dibawah komando satu pemimpin. Tidak diperkenankan bagi seorang makmum mendahului gerakan sholat imam. Ini menyimpan hikmah dan pelajaran untuk selalu menjaga persatuan umat dan selalu patuh kepada atasan, serta tidak melakukan pemberontakan atau pembangkangan.
Jika dalam pelaksanaan sholat imam melakukan suatu kesalahan, dianjurkan bagi makmum untuk mengingatkannya,yaitu dengan cara membaca tasbih bagi laki-laki dan menepukan tangan bagi perempuan. Secara konteks hal ini juga memberikan pelajaran tentang cara amar makruf dan nahi mungkar yang tepat, yakni mengingatkan dengan cara yang halus atau dengan sikap . bukan dengan kekerasan dan tidak anarkis.
Kepatuhan seseorang terhadap pemimpin merupakan manivestasi dari perintah allah . dalam alqur’an allah SWT berfirman:
يا أيها الذين أمنوا أطيعوا الله وأطيعوا الرسول وأولى الأمر منكم فإن تنازعتم في شيء فردوه إلى الله والرسول إن كنتم تؤمنون باالله واليوم الآخر ذلك خير واحسن تأويلا،
Artinya:”hai orang-orang yang beriman,taatilah allah dan taatilah Rasul(Nya),dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu,maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-quran) dan rasul(sunnahnya), jika kamu benar-benar berimankepada allah dan hari kemudian , yang demikian itu lebih utama(bagimu) dan lebih baik akibatnya.”(QS. An –Nisa’:59).
Jamaah jumat yang dirahmati allah……….
Dari sisi yang lain, dapat kita lihat bagaimana sholat beerjamaah manngajarkan persamaan derajat antar sesama. Yang miskin bisa berdampingan dengan yang kaya,seorang presiden bisa berdampingan dengan buruh dalam satu barisan shalat.ini merupakan suatu gambaran nyata bahwa dimata allah, semua manusia itu sama,derajat maupun pangkat yang mereka peroleh didunia tidak ada artinya di sisi Allah. Hanya keimanan dan ketakwaan yang membuat manusia bisa mulia dan dekat disisi Allah. Allah Swt berfirman:
إن أكرمكم عند الله أتقاكم إن الله عليم خبير،
Artinya:” sesungguhnya orang yang paling mulya diantara kamu disisi allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal.”(QS.al-hujuratL13).
Jamaah jumat yang dimuliakan allah……….
Shalat berjamaah juga memiliki peran yang sangat penting bagi persatuan dan kesatuan, serta kerukunan hidup bermasyarakat.sebab, dengan selalu melakukan shalat berjamaah dimasjid, seorang muslim bisa lebih sering bertenu dengan saudara seiman,berbincang, dan bercengkrama. Hingga keakraban dan rasa saling mencintai antar mereka dapat tumbuh subur dan bersemi. Dengan begitu,mereka juga bisa saling belajar satu sama lain dan saling mengingatkan bila ada yang salah diantara mereka. Karena seorang muslim adalah cermin bagi seorang muslim yang lain,sebagaimana rasulullah bersabdaL:
المؤمن مرآة أخيه إذا رأى فيها عيبا أصلحه
Artinya:”seorang mukmin adalah cermin bagi saudaranya.ketika ia melihat kekuranngan dari cermin itu, maka benahilah.”(HR, bukhari)
Bahkan, seorang ulama berkata, persatuan dan kesatuan penduduk suatu daerah dapat dilihat dari pelaksanaan shalat berjamaah di daerah tersebut. Jika sholat berjamaah bisa terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tata caranya, dengan barisan yang rapat dan lurus, dapat dipastikan persatuan penduduknyajuga baik,. Sebaliknya, jika jamaah didaerah tersebut kurang maksimal , tentu persatuan penduduknya tersebut mudah terpecah belah.
Saat ini, sekian banyak masjid dibangun dengan megah dan mewah, namun sekalian banyak pula masjid kosong dan sepi tak berpenghuni.pada kesempatan kali ini, saya mengajak jamaah sekalian untuk menyemarakkan kembali masjid dan surau. Jangan sampai kesibukan duniawi kita membuat diri kita lupa dan meninggalkan shalat berjamaah. Dengan itu , semoga kita tergolong sebagai orang beriman yang digambarkan dalam firman Allah. Dalam al-quran al-karim:
إنما يعمر مساجد الله من آمن بالله واليوم الآخر وأقام الصلاة وآتى الزكاةولم يخش إلا الله وعسى أولئك أن يكونوا من المهتدين
Artinya:”hanya yang memakmurkan masjid-masjid allah ialah orang –orang yang beriman kepada allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk kedalam golongan orang – orang yang mendapat petunjuk.”(QS. At-taubah;18)
أعوذ بالله من الشيطان الرجيم، يا أيها الذين آمنوا لا تلهكم أموالكم ولا أولادكم عن ذكر الله ومن يفعل ذلك فأولئك هم الخاسرون،
بارك الله لي ولكم في القرأن العظيم ،ونفعنا وإياكم بما فيه من الآيات والذكر الحكيم فاستغفروه إنه هو التواب الرحيم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar